Sabtu, 10 Desember 2011

Pengertian Android Dan Versi-versi Android

Pengertian Android.

    Android adalah sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.
Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.
     Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android dibuat dengan basis kernel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan.
Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.

     Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Versi Android yang beredar saat ini :

Eclair (2.0 / 2.1)

.
     Pengertian dari Android Eclair adalah sebuah versi Android, yaitu versi 2.0 / 2.1, yang mengalami perubahan dari fitur versi sebelumnya, antara lain adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

     Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada OS Android.
Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug.


Froyo / Frozen Yogurt (2.2)

     Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash. Android versi Froyo diluncurkan pada 20 Mei 2010.


Perubahan-perubahan dari versi sebelumnya antara lain :
  1. Adanya dukungan Adobe Flash 10.1
  2. Kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat
  3. Intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser
  4. Pemasangan aplikasi dalam SD Card
  5. Kemampuan WiFi Hotspot portable
  6. Kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market

Gingerbread (2.3)
Salah satu versi yang dimiliki oleh Android adalah versi Gingerbread. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang pengertian dari versi Gingerbread ini.
Versi ini dikeluarkan pertama kali pada tanggal 6 Desember 2010.


Perubahan-perubahan umum yang dilakukan pada versi ini yaitu :
  1. peningkatan kemampuan permainan (gaming)
  2. peningkatan fungsi copy paste
  3. melakukan desain ulang pada layar antar muka (User Interface)
  4. terdapat dukungan format video VP8 dan webM
  5. dilengkapi dengan efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost)
  6. memiliki dukungan terhadap kemampuan Near Field Communication (NFC)
  7. mempunyai dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu
Smartphone yang pertama kali menggunakan Android versi Gingerbread adalah Sony Ericsson Arc, yang pada bulan Maret 2011 sudah diperkenalkan di Indonesia.


Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)

     Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration.
Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011.
     Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah perusahaan pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone.
     Karena pada versi Android sebelumnya banyak perusahaan yang menggunakan Android ke dalam tablet PC yang menyebabkan pengalaman buruk penggunanya dan mengesankan citra Android tidak bagus.

Ice Cream Sandwich (4.0)


     Anroid 4.0 Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco) dan resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Fitur utama yang ditambahkan di Android 4.0 ialah Face Unlock, Android Beam, perubahan major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition).

Cupcake (1.5)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.


Donut (1.6)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Kelebihan dan kekurangan Android:

Kelebihan:
  1. Open Source(Gratis), sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan pada developer membayar untuk membuat aplikasinya.
  2. Karena pengembangannya gratis, maka tidak perlu membayar untuk men-download dan menginstal Aplikasi diAndroid
  3. Pemakaiannya sangat mudah
  4. Stabil dan aman, tidak seperti windows yg terkadang terkena virus.

Kekurangan:
  1. Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, tidak seperti iPhone yang memiliki aplikasi yang banyak
  2. Akan sedikit membingungkan bagi orang yang belum pernah memakai Android
  3. Masih sedikit yg memakai OS ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar